Fitur Keamanan Di SmartPhone Masa Kini





Ditahun 2018 kini banyak sekali smartphone baru yang telah beredar. Banyak aspek yang menjadi pertimbangan seseorang untuk membeli smartphone baru mulai dari spesifikasi dasar, ukuran memory, kualitas kamera, ukuran layar, konektivitas , dan sebagainya. Karena aspek-aspek itu yang akan menentukan pengaruh dalam pengalaman penguna smartphone tersebut. Namu ada satu aspek penting yang sering kali terlupakan oleh kebanyaan orang, yaitu aspek sistem keamanan smartphone.

Keamanan di smartphone memang merupakan hal yang sangat penting, tetapi saat ini belum banyak orang yang memerhatikannya. Mungkin karena memang semua smartphone di 2018 sudah dibekali dengan fitur keamanan dasar, setidaknya keamanan untuk membuka kunci layar menggunakan PIN, Password, atau pola tertentu. Namun hal itu terasa sudah tidak cukup lagi untuk sekarang. Karena smartphone butuh diamankan lebih baik lagi.

iris recognition

Kenapa keamanan smartphone itu penting?


Salah satu hal yang menyebabkan smartphone butuh sistem keamanan adalah kecenderungan pengguna untuk menyimpan banyak data penting dan tidak penting di perangkat mereka. Hal ini dapat dilihat dari storage yang ditawarkan smartphone yang semakin besar dari awalnya Cuma 4GB sekarang hingga 128GB, itupun bagi sebagian orang masih kurang. Dan pasti untuk orang-orang yang menyimpan data penting mereka di smartphone tidak ingin data penting mereka hilang atau dilihat bahkan di ambil oleh pihak yang tidak dapat ijin oleh sang pengguna smartphone.

Selain keterikatan dengan data yang disimpan didalamnya. Aktivitas pengguna smartphone di perangkat mereka pun mulai jadi makin beragam. Tidak sedikit orang yang menggunakan smartphone sebagai alat pendukung perkerjaan mereka, yang mana kadang mencangkup hal-hal yang sebaiknya dilakukan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Seperti kegiatan belanja online yang sedang naik daun saat ini. Melihat hal-hal tersebut wajar saja jika fitur keamanan yang tinggi dibutuhkan setiap pengguna smartphone dan akan makin banyak di cari kemanan yang terbaik di kemudian hari untuk melindungi pengguna smartphone dengan datanya tersebut.

Hasil gambar untuk fingerprint scanner


Fitur keamanan di Smartphone 2018

Saat ini banyak sekali smartphone yang tidak lagi hanya menawarkan fitur keamanan standar seperti PIN dan PASSWORD. Tetapi juga fitur yang lebih baik. Salah satunya yang paling umum dijumpai di smartphone 2018 adalah Fingerprint scanner. Fitur ini sebelumnya hanya kita jumpai di smartphone high end terkusus smartphone besutan milik Apple. Akan tetapi saat ini mudah dijumpai di berbagai macam smartphone dengan harga yang terjangkau sekalipun.



Selain fitur fingerprint scanner, semakin banyak fitur keamanan yang memudahkan pengguna smartphone untuk gunakan seperti yang lagi trend saat ini adalah face recognition atau lebih dikenal pemindai wajah. Bahkan ada yang tingkatnya lebih tinggi yaitu iris recognition atau pemindai mata. Fitur ini memungkinkan smartphone untuk mengenali penggunanya dengan memanfaatkan kamera, umumnya kamera di depan/kamera selfie. Sama dengan fingerprint scanner, fitur ini selain digunakan untuk membuka kunci pada perangkat. Fitur ini juga bisa digunakan untuk otentifikasi di berbagai aplikasi yang sudah mendukung fitur ini.

Belum ada Komentar untuk "Fitur Keamanan Di SmartPhone Masa Kini"

Posting Komentar

*Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel