Cara memasang RAM di ASUS X500 Series

Cara memasang RAM di ASUS X500 Series



Ram pada laptop ASUS seri 500, terutama X550JX atau X550VX umumnya berukuran 4 atau 8GB yang masih dapat ditambah menjadi lebih banyak lagi. Untuk ASUS X550JX masih menggunakan ram 4GB onboard bertipe DDR3L ( LOW VOLTAGE ) sedangkan ASUS X550VX menggunakan ram 8GB onboard bertipe DDR4. Tidak semua tipe laptop bisa ditambah RAMnya dan tidak semua laptop bisa di pasangkan ram seenaknya.

RAM yang harus dipasang harus ram yang identik tapi bukan dari merk. Melainkan dari tipe RAM DDR3/DDR3L/DDR4. DDR tiga sampai empat itu berbeda-beda dan akan saya jelaskan di artikel yang akan mendatang. Dan tidak hanya tipe RAMnya saja yang harus sama, tetapi speednya juga harus sama. Jika speed berbeda, speed yang tertinggi akan mengikuti speed yang terendah. Umumnya untuk RAM Laptop DDR3 dan DDR3L ( Low Voltage ) memiliki speed 1600Mhz, dan RAM DDR4 memiliki speed 2400mhz.

Pertama-tama, siapkan alat yang akan di gunakan untuk membuka laptop :
  1. OBENG
  2. RAM LAPTOP
  3. KOTAK UNTUK MENYIMPAN BAUT ( OPSIONAL )
  4. GELANG ANTISTATIS ( OPSIONAL )


Kedua, sebelum membuka baut yang terdapat di bawah laptop, pastikan kalian sudah :
  1. Melepas batrai laptop
  2. Memastikan tidak ada arus listrik yang mengalir ke laptop
  3. Memastikan tangan bersih dan tidak basah


Jika sudah memenuhi yang diatas, kalian dapat membalikan laptop. Dan melepas semua baut yang ada dibagian bawah. Bagian atas tidak usah dilepas karena umumnya laptop asus seri ini untuk memasang ram tambahan cukup baut yang dibagian bawah saja yang dilepas. Jika sudah terlepas semua, tutup dapat ditarik dan dibuka.

JIKA TIDAK YAKIN, ANDA BISA MEMBAWA LAPTOP KETEMPAT ANDA MEMBELI RAM TERSEBUT. DAN MINTA DIPASANGKAN DISANA JUGA

Setelah terbuka masukan ram ke dalam tempat yang sudah disediakan ( dapat di lihat difoto ). Di ram ada sebuah lekukan, dan pastikan kalian memasangnya dengan benar. Cukup pasang lalu di tekan dari atas. Dan ram dengan mudah akan terpasang. Jika sudah terpasang pastikan kalian menutup lagi cover yang sudah dibuka tadi. Dan jangan lupa memasang semua baut yang sudah kalian lepas tadi. Cukup mudah bukan?

Cara memasang RAM di ASUS X500 Series

Memasang RAM laptop sendiri sebenarnya mudah, dari pada kalian membawa ketempat service dan memakan biaya mending kita lakukan sendiri. Dan jika dilihat dari foto disebelah tempat RAM ada kotak yang memiliki pola lubang-lubang. Itu adalah tempat hardisk berada, pada posting berikutnya aku akan share tutorial mengganti HDD dengan SSD ( artikel dan video ).

Jika kalian merasa kurang dengan artikel dan foto yang ada, aku sudah membuat video cara memasang RAM dengan mudah dan cepat di youtube channelku. Video ada di bawah J

Belum ada Komentar untuk "Cara memasang RAM di ASUS X500 Series"

Posting Komentar

*Berkomentarlah dengan baik dan sopan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel